Selasa, 04 September 2018

Mengisap Refleks

Bayi yang baru lahir dilahirkan dengan beberapa refleks penting yang membantu mereka melalui minggu pertama dan bulan kehidupan mereka. Refleks-refleks ini adalah gerakan tak sadar yang terjadi baik secara spontan atau sebagai tanggapan terhadap tindakan yang berbeda. Refleks menghisap, misalnya, terjadi ketika atap mulut bayi disentuh. Bayi akan mulai mengisap ketika area ini dirangsang, yang membantu menyusui atau memberi susu botol.

Refleks mungkin kuat pada beberapa bayi dan lemah pada yang lain tergantung pada sejumlah faktor, termasuk seberapa awal kelahiran bayi sebelum tanggal jatuh tempo mereka. Baca terus untuk belajar tentang refleks mengisap, perkembangannya, dan refleks lainnya.
Kapan refleks menyedot berkembang?

Refleks mengisap berkembang ketika bayi masih di dalam rahim. Yang paling awal berkembang adalah pada minggu 32 kehamilan. Umumnya dikembangkan sepenuhnya pada minggu ke 36 kehamilan. Anda bahkan mungkin melihat refleks ini beraksi selama ultrasound rutin. Beberapa bayi akan mengisap jempol atau tangan mereka, menunjukkan bahwa kemampuan penting ini sedang berkembang.

Bayi yang lahir prematur mungkin tidak memiliki refleks mengisap yang kuat saat lahir. Mereka mungkin juga tidak memiliki daya tahan untuk menyelesaikan sesi makan. Bayi prematur terkadang memerlukan bantuan tambahan untuk mendapatkan nutrisi melalui selang makanan yang dimasukkan melalui hidung ke dalam perut. Mungkin diperlukan berminggu-minggu bagi bayi prematur untuk mengoordinasikan mengisap dan menelan, tetapi banyak yang mengetahuinya pada saat tanggal jatuh tempo asli mereka.
Menghisap refleks dan menyusui

Refleks mengisap benar-benar terjadi dalam dua tahap. Ketika puting - baik dari payudara atau botol - ditempatkan di mulut bayi, mereka secara otomatis akan mulai mengisap. Dengan menyusui, bayi akan meletakkan bibir mereka di atas areola dan memeras puting antara lidah dan langit-langit mulut. Mereka akan menggunakan gerakan serupa ketika menyusui pada botol.

Tahap berikutnya terjadi ketika bayi menggerakkan lidah mereka ke puting untuk mengisap, pada dasarnya memerah payudara. Tindakan ini juga disebut ekspresi. Suction membantu menjaga payudara di mulut bayi selama proses melalui tekanan negatif.
Rooting versus refleks mengisap

Ada refleks lain yang sejalan dengan mengisap yang disebut rooting. Bayi akan berakar atau mencari payudara secara naluriah sebelum menempel untuk mengisap. Sementara kedua refleks ini terkait, mereka melayani tujuan yang berbeda. Rooting membantu bayi menemukan payudara dan puting. Mengisap membantu bayi mengekstraksi air susu ibu untuk nutrisi.
Cara menguji refleks mengisap bayi

Anda dapat menguji refleks mengisap bayi dengan menempatkan puting (payudara atau botol), jari bersih, atau dot di dalam mulut bayi. Jika refleks telah sepenuhnya berkembang, bayi harus menempatkan bibir mereka di sekitar item dan kemudian secara ritmis meremasnya di antara lidah dan langit-langit mulut.

Bicaralah dengan dokter anak Anda jika Anda mencurigai ada masalah dengan refleks isapan bayi Anda. Karena refleks mengisap penting untuk makan, kerusakan dengan refleks ini dapat menyebabkan malnutrisi.
Masalah keperawatan dan mencari bantuan

Menghirup dan menelan sambil mengisap dapat menjadi kombinasi yang sulit untuk bayi prematur dan bahkan beberapa bayi yang baru lahir. Akibatnya, tidak semua bayi adalah pro - setidaknya pada awalnya. Dengan latihan, bagaimanapun, bayi dapat menguasai tugas ini.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu:

    Perawatan kanguru. Beri bayi Anda banyak kontak kulit-ke-kulit, atau kadang-kadang disebut sebagai perawatan kanguru. Ini membantu bayi Anda tetap hangat dan bahkan membantu persediaan ASI Anda. Perawatan kanguru tidak bisa menjadi pilihan untuk semua bayi, terutama mereka yang memiliki kondisi medis tertentu.
    Bangun untuk disusui. Bangunkan bayimu setiap 2 hingga 3 jam untuk makan. Penyedia layanan kesehatan Anda dapat membantu Anda menentukan kapan Anda tidak lagi perlu membangunkan bayi Anda untuk mendapatkan makanan. Bayi prematur mungkin perlu diberi makan lebih sering, atau terbangun untuk makan lebih lama daripada bayi lainnya.
    Asumsikan posisi. Pegang bayi Anda dalam posisi menyusui bahkan jika mereka diberi makan melalui tabung. Anda bahkan dapat mencoba merendam bola kapas dengan ASI dan menempatkannya di dekat bayi Anda. Idenya adalah untuk membuat mereka tahu bau susu Anda.
    Coba posisi lain. Bereksperimenlah dengan menggendong bayi Anda di posisi berbeda saat menyusui. Beberapa bayi melakukan dengan baik dalam posisi “kembar” (atau “pegangan sepakbola”), diselipkan di bawah lengan Anda dengan tubuh mereka yang didukung oleh bantal.
    Tingkatkan refleks let-down Anda. Berusahalah meningkatkan refleks let-down Anda, yang merupakan refleks yang menyebabkan susu mulai mengalir. Ini akan membuat susu lebih mudah untuk bayi Anda. Anda dapat memijat, mengekspresikan tangan, atau menempatkan paket panas yang hangat di payudara Anda untuk mendapatkan hal-hal yang mengalir.
    Tetap positif. Cobalah yang terbaik untuk tidak berkecil hati, terutama di hari-hari awal. Apa yang paling penting adalah mengenal bayi Anda. Seiring waktu, mereka harus mulai mengonsumsi lebih banyak susu selama sesi pemberian makan yang lebih lama.

Konsultan laktasi

Jika Anda mengalami masalah dengan menyusui, konsultan laktasi bersertifikat (IBCLC) juga dapat membantu. Para profesional ini fokus hanya pada memberi makan dan semua hal yang berhubungan dengan keperawatan. Mereka dapat membantu dengan apa pun dari masalah pengait untuk menangani saluran yang terpasang untuk menilai dan memperbaiki masalah makan lainnya, seperti posisi. Mereka mungkin menyarankan menggunakan perangkat yang berbeda, seperti pelindung puting, untuk membantu mempromosikan gerendel yang lebih baik.

Dokter anak anak Anda, atau OB-GYN atau bidan Anda, mungkin dapat merekomendasikan konsultasi laktasi. Di Amerika Serikat, Anda dapat menemukan IBCLC di dekat Anda dengan mencari database Asosiasi Konsultan Laktasi Amerika Serikat. Anda dapat meminta kunjungan rumah, konsultasi pribadi, atau bantuan di klinik menyusui. Anda juga bisa menyewa peralatan, seperti pompa payudara kelas rumah sakit. Beberapa rumah sakit menawarkan konsultasi secara gratis saat Anda berada di lantai bersalin atau bahkan setelah Anda pulang ke rumah.
Refleks bayi

Bayi mengembangkan beberapa refleks untuk membantu mereka menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim. Pada bayi prematur, perkembangan beberapa refleks mungkin tertunda, atau mereka mungkin mempertahankan refleks lebih lama dari rata-rata. Bicarakan dengan dokter bayi Anda jika Anda khawatir tentang refleks mereka.
Rooting refleks

Rooting dan refleks menyedot berjalan bersama. Bayi Anda akan memalingkan kepala ketika pipi atau sudut mulut mereka dibelai. Sepertinya mereka mencoba menemukan puting.

Untuk menguji refleks rooting:

    Stroke pipi atau mulut bayi Anda.
    Perhatikan rooting dari sisi ke sisi.

Saat bayi Anda semakin besar, biasanya sekitar usia tiga minggu, mereka akan berputar lebih cepat ke sisi yang dibelai. Refleks rooting biasanya menghilang selama 4 bulan.
Moro refleks

Refleks Moro juga dikenal sebagai refleks "mengejutkan". Itu karena refleks ini sering terjadi sebagai respons terhadap suara atau gerakan keras, paling sering adalah perasaan jatuh ke belakang. Anda mungkin memperhatikan bayi Anda melemparkan tangan dan kaki mereka ke atas sebagai respons terhadap suara atau gerakan yang tidak terduga. Setelah mengulurkan tangan, bayi Anda akan berkontraksi.

Refleks Moro kadang-kadang disertai dengan menangis. Itu juga dapat memengaruhi tidur bayi Anda, dengan membangunkan mereka. Membedung lampin terkadang dapat membantu mengurangi refleks Moro saat bayi Anda sedang tidur.

Untuk menguji refleks Moro:

    Perhatikan reaksi bayi Anda ketika terkena suara keras, seperti anjing menggonggong.
    Jika bayi Anda menyentak lengan dan kaki mereka, dan kemudian menggulungnya kembali, ini adalah tanda dari refleks Moro.

Refleks Moro biasanya menghilang sekitar 5 hingga 6 bulan.
Leher tonik

Leher tonik asimetris, atau "refleks anggar" terjadi ketika kepala bayi Anda diputar ke satu sisi. Misalnya, jika kepala mereka menghadap ke kiri, lengan kiri akan meregang dan lengan kanan akan menekuk siku.

Untuk menguji untuk leher tonik:

    Dengan lembut putar kepala bayi Anda ke satu sisi.
    Perhatikan gerakan lengan mereka.

Refleks ini biasanya menghilang sekitar 6 hingga 7 bulan.
Pegang refleks

Refleks pegang memungkinkan bayi untuk secara otomatis memegang jari Anda atau mainan kecil ketika diletakkan di telapak tangan mereka. Ini berkembang dalam rahim, biasanya sekitar 25 minggu setelah pembuahan. Untuk menguji refleks ini:

    Genggam telapak tangan bayi Anda dengan kuat.
    Mereka harus memegang jari Anda.

Genggamannya mungkin cukup kuat, dan biasanya berlangsung sampai bayi berusia 5 hingga 6 bulan.
Refleks Babinski

Refleksi Babinski terjadi ketika satu-satunya bayi dibelai dengan kuat. Hal ini menyebabkan jempol kaki menekuk ke bagian atas kaki. Jari-jari kaki lainnya juga akan melebar. Untuk mengetes:

    Tegaskan bagian bawah kaki bayi Anda dengan kuat.
    Perhatikan jari-jari kaki mereka menyebar.

Refleks ini biasanya hilang pada saat anak Anda berusia 2 tahun.
Langkah refleks

Langkah atau refleks "menari" dapat membuat bayi Anda tampak dapat berjalan (dengan bantuan) segera setelah lahir.

Untuk mengetes:

    Pegang bayi Anda tegak di atas permukaan yang rata dan kokoh.
    Letakkan kaki bayi Anda di permukaan.
    Terus berikan dukungan penuh untuk tubuh dan kepala bayi Anda, dan perhatikan saat mereka melakukan beberapa langkah.

Refleks ini biasanya menghilang sekitar 2 bulan.
Refleks sekilas
Reflex Appear menghilang
mengisap 36 minggu kehamilan; terlihat pada kebanyakan bayi yang baru lahir, tetapi mungkin tertunda pada bayi prematur 4 bulan
rooting terlihat pada kebanyakan bayi baru lahir, tetapi mungkin tertunda pada bayi prematur 4 bulan
Moro terlihat pada kebanyakan bayi prematur dan prematur 5 sampai 6 bulan
tonik leher terlihat pada sebagian besar bayi prematur dan 6 bulan sampai 7 bulan
pegang dengan 26 minggu kehamilan; terlihat pada kebanyakan bayi prematur dan prematur 5 sampai 6 bulan
Babinski terlihat pada kebanyakan bayi prematur dan prematur 2 tahun
langkah terlihat pada kebanyakan bayi prematur dan prematur 2 bulan
Bawa pulang

Sementara bayi tidak datang dengan instruksi manual, mereka datang dengan sejumlah refleks yang dimaksudkan untuk membantu kelangsungan hidup mereka dalam minggu-minggu dan bulan-bulan awal kehidupan. Refleks mengisap membantu memastikan bayi Anda cukup makan sehingga mereka dapat berkembang dan tumbuh.

Tidak semua bayi dapat langsung menikmati kombinasi mengisap, menelan, dan bernapas. Jika Anda mengalami masalah keperawatan, hubungi dokter atau konsultan laktasi untuk meminta bantuan. Dengan latihan, Anda dan bayi Anda mungkin akan memahami hal-hal itu dalam waktu singkat.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar