Selasa, 04 September 2018

Apakah Minum Mountain Dew Membunuh Sperma?

Sperma adalah sel reproduksi yang ditemukan dalam air mani, seorang pria cairan menghasilkan dan melepaskan selama hubungan seksual. Sel sperma memainkan peran penting dalam kehamilan.

Beberapa pria mengalami ketidaksuburan karena jumlah sperma yang rendah. Faktor yang berbeda memengaruhi jumlah sperma pria, termasuk pilihan kesehatan dan gaya hidup.

Tetapi Anda tidak boleh percaya semua yang Anda dengar tentang infertilitas. Ada klaim bahwa meminum soda lemon-lime Mountain Dew dapat membunuh sperma Anda. Jika Anda peminum besar Mountain Dew dan Anda belum bisa hamil, Anda mungkin berpikir ada kebenaran di balik rumor ini.

Sebelum Anda menyalahkan Mountain Dew pada ketidakmampuan untuk hamil, atau berpikir Anda dapat menggunakan minuman tersebut sebagai metode kontrasepsi, berikut ini adalah fakta-faktanya.
Apakah Mountain Dew menurunkan jumlah sperma Anda?

Jika Anda berhubungan seks tanpa kondom dan tidak dapat hamil, Anda mungkin mengarahkan jari ke Mountain Dew, terutama jika ini adalah minuman pilihan Anda. Tapi desas-desus seputar efek minuman pada sperma adalah mitos.

Memang benar bahwa beberapa peneliti telah menemukan hubungan antara mengonsumsi kafein dosis tinggi dan perubahan kualitas sperma. Seorang pria yang minum satu cangkir kopi 12-ons setiap hari mungkin mengalami motilitas sperma yang lebih tinggi, yang merupakan kemampuan sperma untuk bergerak. Motilitas, bagaimanapun, melambat ketika laki-laki mengkonsumsi terlalu banyak kafein, biasanya setelah empat cangkir kopi sehari.

Sebuah kaleng 12-ons Mountain Dew mengandung 54 miligram (mg) kafein, yang lebih dari soda lain (Coke memiliki 34 mg per 12 ons dan Pepsi memiliki 38 mg). Jadi dapat dimengerti mengapa Anda mungkin berpikir kafein dalam minuman memiliki kemampuan untuk menurunkan atau membunuh sperma.

Tetapi mengingat bagaimana secangkir kopi memiliki sekitar 217 mg kafein per 12 ons, dan Anda harus minum empat cangkir untuk menyebabkan penurunan motilitas sperma, menjadi lebih mudah untuk memahami bagaimana sedikit Mountain Dew mempengaruhi sperma. Anda harus minum sekitar 11 12-ons kaleng Mountain Dew untuk memiliki efek yang sama.

Anda mungkin tidak banyak minum minuman ini. Dan bahkan jika Anda melakukannya, efeknya hanya memperlambat motilitas sperma, tidak membunuh sperma Anda.
Apakah minum Mountain Dew mempengaruhi kesuburan?

Teori lain adalah bahwa pewarna di Mountain Dew mempengaruhi kesuburan. Mountain Dew mengandung pewarna yang disebut Yellow No. 5, atau tartrazine. Administrasi Makanan dan Obat AS (FDA) telah memutuskan bahwa pewarna aman. Namun selama bertahun-tahun, desas-desus telah muncul tentang pewarna mengurangi ukuran penis dan buah zakar. Klaim ini juga salah.

Kuning No. 5 tidak hanya ditemukan di Mountain Dew, tetapi juga di jenis makanan lainnya, termasuk keripik kentang dan permen. Ini dapat ditemukan di beberapa obat dan produk kosmetik juga. Jadi jika pewarna makanan ini benar-benar mengurangi atau membunuh sperma, efeknya akan diketahui secara luas. Itu akan mempengaruhi lebih dari orang yang mengkonsumsi Mountain Dew.

Ada beberapa kekhawatiran dengan Yellow No 5. Sebagai contoh, beberapa orang lebih sensitif terhadap pewarna ini dan mengalami efek samping, termasuk eksim, asma, dan hiperaktif. Tetapi sejauh mempengaruhi kesehatan reproduksi pria, pewarna ini akan memiliki dampak nol pada jumlah sperma Anda.

Untuk kesehatan secara keseluruhan, pertimbangkan untuk mengurangi asupan minuman berkadar gula tinggi. Ganti satu soda sehari dengan air, lalu tambahkan lebih banyak air dari waktu ke waktu sebagai minuman yang lebih sehat.
Berapa jumlah sperma yang rendah?

Ketika sperma bersentuhan dengan telur betina, sel telur akan dibuahi dan memulai perkembangan janin bayi. Sperma bersifat mikroskopis dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Tetapi untuk pria dengan jumlah sperma yang sehat, tidak terlalu sulit untuk hamil bayi, selama hubungan seksual terjadi selama masa subur seorang wanita.

Jumlah sperma yang rendah berarti tubuh Anda memproduksi lebih sedikit sel sperma daripada normal. Anda memiliki jumlah sperma yang rendah jika Anda memiliki kurang dari 15 juta sel sperma per mililiter air mani.

Ini tidak berarti Anda tidak dapat mengandung anak, tetapi Anda harus bekerja lebih keras dan konsepsi mungkin memakan waktu lebih lama.
Jumlah sperma rendah vs tidak ada jumlah sperma

Ada perbedaan antara jumlah sperma rendah dan tidak ada jumlah sperma. Yang terakhir ini dapat disebabkan oleh penyumbatan dalam tabung yang membawa air mani dari testis Anda ke penis, atau karena masalah produksi sperma dengan buah zakar Anda.

Anda tidak dapat melihat sperma, jadi Anda mungkin tidak menyadari masalah jumlah sperma. Anda mungkin bahkan tidak mempertanyakan jumlah sperma Anda sampai Anda mengalami kesulitan hamil anak.

Beberapa pria memang mengalami gejala, yang bisa meliputi:

    dorongan seks yang lebih rendah
    bengkak atau benjolan di dekat buah zakar
    penurunan rambut wajah atau tubuh

Untuk mendiagnosis masalah jumlah sperma, dokter Anda dapat melakukan tes analisis darah dan air mani untuk menentukan jumlah dan kualitas sperma dalam air mani Anda.
Faktor apa yang memengaruhi jumlah sperma?

Mountain Dew tidak akan memengaruhi jumlah sperma Anda, tetapi faktor lain mungkin menyulitkan untuk memiliki anak. Infertilitas disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan. Ini termasuk infeksi yang mengurangi produksi sperma, seperti gonorrhea, HIV, dan radang buah zakar.

Obat-obatan yang diambil untuk tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan masalah ejakulasi, atau tubuh Anda mungkin menghasilkan antibodi sperma yang membunuh sperma Anda. Masalah kesehatan lain yang mempengaruhi sperma termasuk:



    ketidakseimbangan hormon
    kanker pada organ reproduksi pria
    penyakit celiac, gangguan pencernaan yang menyebabkan radang usus kecil

Faktor lingkungan tertentu juga mempengaruhi produksi sperma. Anda mungkin memiliki jumlah sperma yang lebih rendah jika Anda bekerja di industri tempat Anda terpapar pestisida, logam berat, atau pelarut organik.

Selain itu, paparan radiasi dosis tinggi dapat memengaruhi produksi sperma. Hindari pemanasan berlebih pada buah zakar yang bisa disebabkan oleh pakaian ketat, duduk dengan laptop di kaki Anda, atau duduk dalam waktu lama.

Ketahuilah bahwa bahkan kebiasaan gaya hidup termasuk yang berikut dapat memengaruhi jumlah sperma:

    merokok tembakau
    kelebihan berat badan
    mengkonsumsi terlalu banyak alkohol
    penggunaan obat

Jika Anda menduga infertilitas atau jumlah sperma yang lebih rendah, diskusikan masalah ini dengan dokter Anda. Jika Anda tidak berusaha hamil, pastikan untuk menggunakan kondom atau metode pencegahan kehamilan lainnya.
Langkah selanjutnya

Minum Mountain Dew tidak membunuh sperma Anda. Tetapi itu tidak berarti Anda harus berlebihan dan mengonsumsi terlalu banyak minuman. Seperti soda lain, Mountain Dew mengandung banyak gula (46 gram per 12 ons). Terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes. Minuman juga memiliki lebih banyak kafein daripada soda lainnya. Penggunaan kafeina berat dapat menyebabkan:

    insomnia
    sifat lekas marah
    sakit perut
    diare
    detak jantung yang lebih cepat

Intinya? Anda tidak perlu menyerah pada minuman jeruk nipis favorit Anda, tetapi Anda harus meminumnya dalam jumlah sedang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar